SPOT MANCING KALIWATU PLTU SEMARANG

Kaliwatu/RS (River Stone) merupakan suatu sungai yang digunakan oleh PLTU Semarang sebagai saluran pembuangan air dari proses boiler yang dialirkan menuju laut. Untuk lokasinya kaliwatu sendiri yaitu tepat berada di belakang PLTU Indonesia Power Semarang.

mancing di kaliwatu

Akses Menuju Kaliwatu

Untuk menuju ke spot RS atau kaliwatu mancing mania bisa lewat dari pos 4 pelabuhan Tanjung Emas kemudian ada jalan belok ke kanan sampai mentok ada pos satpam. Di pos satpam itulah mancing mania bisa memarkir kendaraan.

Spot RS bisa juga dijangkau lewat dari TPI Tambak Lorok. Namun bagi mancing mania yang belum pernah mancing di spot RS jika lewat jalur Tambak Lorok akan sedikit susah karena jalurnya melewati gang kecil dan harus bertanya-tanya sama warga sekitar untuk bisa sampai ke spot RS.

Spot RS sangat berpotensi sekali mendapatkan strike ikan berukuran sedang. Jenis ikan yang sering diburu para mancing mania disini adalah barakuda, baramundi, kerapu, sembilang, baronang, kiper, belanak dll.

Bagi para mancing mania penggila mancing baramundi, spt ini sangat cocok sekali untuk dijadikan referensi mancing. Tidak menutup kemungkinan bagi mancing mania yang senang mencari ikan-ikan kecil seperti kerapu, sembilang dan sejenisnya bisa juga spot ini dijadikan referensinya.

Untuk mancing target ikan belanak biasanya para mancing mania datang pada pagi hari dengan bersenjatakan pancing garong, mancing mania bisa mendapatkan hasil ikan belanak dengan jumlah yang lumayan banyak.

Bagi para mancing mania penggila casting, spot ini sangat berpotensi sekali mendapatkan strike ikan barakuda dan baramundi/kakap putih. Waktu yang sangat bagus untuk casting yaitu pada malam hari dengan keadaan air laut surut. Bila keadaan air laut pasang justru ikan-ikan predator akan bermigrasi ke laut. Diusahakan menggunakan jenis lure top water karena kedalaman air hanya berkisar 1,5 meter.

Selain itu jika mancing mania mancing dengan teknik casting jangan sampai boiler PLTU dalam keadaan hidup, karena jika boiler dalam keadaan hidup maka air sungai akan menjadi panas sekali bahkan sampai air sungai mengeluarkan asap. Suasana di spot menjadi panas otomatis ikan-ikan penghuni RS akan bermigrasi ke laut untuk menghindari air panas yang keluar dari boiler PLTU. Jika hal itu terjadi maka harapan untuk mendapatkan strike sangat kecil sekali.

Di spot RS ini juga terdapat sebuah warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan untuk menyambut kedatangan para mancing mania yang akan memancing disini. Tapi warung itu tidak buka 24 jam, hanya buka waktu-waktu tertentu saja.

mancing di kaliwatu
pemandangan sun rise di kaliwatu

mancing di kaliwatu

mancing di kaliwatu

mancing di kaliwatu
jembatan yang menghubungkan pos satpam dengan warung

mancing di kaliwatu
PLTU Indonesia Power

mancing di kaliwatu

mancing di kaliwatu

mancing di kaliwatu

mancing di kaliwatu

mancing di kaliwatu

 

Warning......!!!!!

Bagi para mancing mania yang ingin menyusuri spot kaliwatu diharap wajib memakai pelindung kaki yang sangat keras. dikarenakan batu-batu yang ada di pinggir sungai sangatlah licin dan banyak ditumbuhi karang juga runti yang sangat tajam. Banyak juga batu yang kelihatannya kokoh tetapi kalau diinjak akan bergeser sehingga menyebabkan mancing mania jatuh bahkan kaki bisa sobek. Pelindung kaki bisa menggunakan kaos kaki yang berlapis-lapis atau menggunakan sepatu karet yang sangat tebal.

mancing di kaliwatu
korban kekejaman kaliwatu

Semoga informasi spot ini bermanfaat bagi mancing mania Semarang pada khususnya dan bagi mancing mania seluruh dunia pada umumnya.


Salam Strike Mania.....

21 comments for "SPOT MANCING KALIWATU PLTU SEMARANG"

  1. maturnuhun...ifo yg mantabh om

    ReplyDelete
  2. infonya sangat bermanfaat mas ..

    ReplyDelete
  3. daerah deket pelabuhan yg sebelah jalan arteri jg rame sepertinya, ikanya disitu apa ya mas????umpannya biasanya jg pake apa???

    ReplyDelete
  4. kalo di samping arteri tuh kayaknya kolam pemancingan harian bos. ikannya mujaher dll. bisa pake umpan cacing atau lumut.

    ReplyDelete
  5. kaliwatu lagi "makan" gak yaaaaa?????

    ReplyDelete
  6. kaliwatu mau makan asalkan air tdk panas karena boiler PLTU nyala. terus usahakan air dm keadaan surut.

    ReplyDelete
  7. klo info kolam harian selain daerah sawah besar mna ya mas???ada info????

    ReplyDelete
  8. saat ini kolam terbesar di semarang namanya kolam YS mas. lokasinya di kompleks wijayakusuma..... dari jalan raya kelihatan besar bgt kok.

    ReplyDelete
  9. Katanya PLTU sdh tdk beroperasi
    benar gak tuh mas bro

    ReplyDelete
  10. umpan pake ap om.....

    ReplyDelete
  11. om,...para senior kaliwatu justru lebih suka boilernya hidup, krn kemungkinan ngrenteng ceplek lbh besar, semnjak boiler mati ( dah setahun lebih),dpt ceplek 1-2 dah amat bagus....mggu ini kayaknya kondisi airnya tdk bagus krn ada limbah dr pabrik, yg banyak ikan rucahan...

    ReplyDelete
  12. Masukan yang bagus om. Semoga bisa bermanfaat buat rekan2 yg lain.
    Thanks..... ;-)

    ReplyDelete
  13. Om, spot yg potensial buat cast dikaliwatu dimana ya ?, seminggu yg lalu cast dikaliwatu banyak sangkutannya malah nyajen rapala 3 buah, dengar2 dari pemancing lokal katanya dulu ada master yg sering cast disitu sering dapat kakap putih besar2, sampean kenal ta ?

    ReplyDelete
  14. kalo ke kaliwatu gampangnya lewat mana om?

    ReplyDelete
  15. biasanya ikan yang gede2 di ujung kaliwatu

    biar gampang aksesnya lewat pintu sblh barat. masuk dulu ke area pelabuhan tanjung mas

    ReplyDelete
  16. bbrp hari ini boiler dah nyala bergantian,.....cm cepleknya blm pd mau makan....mgkn diobat airnya.....

    ReplyDelete
  17. Perlu dicoba ini spot kaliwatu....

    ReplyDelete