TEKNIK MANCING IKAN KAKAP MERAH

Ikan Kakap Merah adalah ikan penghuni rumpon berupa karang, tandes, kapal karam, rumpon buatan, dll. Dalam bahasa latin Ikan Kakap Merah ini bernama Lutjanus Malabaricus. Ikan Kakap Merah bersifat menggerombol dengan koloninya dan sangat rakus memakan apa saja yang bisa dimakannya.


kakap merah monster
Ikan Kakap Merah


Cara mancing ikan kakap merah

Ikan Kakap Merah sebenarnya sangat mudah dipancing. Caranya hampir sama dengan Teknik Mancing Ikan Kerapu, tapi sangat berbeda dengan cara mancing ikan kakap putih atau barramundi. Ada beberapa umpan andalan yang bisa digunakan untuk mancing Ikan Kakap Merah antara lain udang hidup, irisan cumi, irisan ikan, dll. Diusahakan dalam menggunakan umpan irisan cumi ataupun irisan ikan menggunakan bahan yg masih segar/fresh supaya hasilnya lebih maksimal.

Selain menggunakan umpan live bait, kita juga bisa menggunakan inchiku, sabiki, metal jig, dll untuk mancing Ikan Kakap Merah.

cara mancing kakap merah
Ikan Kakap Merah dengan umpan irisan cumi


Senjata ampuh mancing kakap merah

Tackle yang digunakan untuk mancing Ikan Kakap Merah cukup sederhana. Cukup menggunakan piranti joran kelas 10-20lb, line pe 2, lider monofilament 20-30lb, reel ukuran 2500-3000.

Untuk rangkaian mata pancing target Ikan Kakap Merah juga sangat sederhana. Bisa menggunakan 1 atau 2 mata kail atau lebih. Untuk pemberat berada dibawah sendiri dengan ukuran disesuaikan dengan kondisi arus laut.

mancing kakap merah
Rangkaian mata pancing target Ikan Kakap Merah


Spot mancing kakap merah

Dalam mancing Ikan Kakap Merah yang terpenting adalah pemilihan lokasi spot mancing. Kita wajib menggunakan GPS dan Fish Finder (FF) untuk menentukan spot. Kita harus memiliki koordinat yang sudah ditentukan dimana koordinat tersebut terdapat spot yang dihuni Ikan Kakap Merah. Tanpa kita memiliki spot tersebut jangan harap kita bisa mendapatkan target Ikan Kakap Merah.

Ikan Kakap Merah biasanya menghuni di suatu rumpon bawah laut dengan rata-rata kedalaman lebih dari 10 meter. Jarang sekali kita menjumpai Ikan Kakap Merah berada di kedalaman kurang dari 10 meter.

kakap merah
Ikan Kakap Merah ukuran table size


Ikan Kakap Merah bersifat bergerombol dengan koloninya, sehingga Ikan Kakap Merah mencari makan juga bersama koloninya dengan posisi pemimpin berada paling depan sendiri dalam suatu rombongan tadi. Biasanya pemimpin rombongan Ikan Kakap Merah adalah Ikan Kakap Merah yang ukurannya paling besar dibanding yang lain.

cara mancing kakap merah
Om Wawan (Rembang) dengan Ikan Kakap Merah hasil tangkapannya


Sifat dasar perilaku ikan kakap merah

Bila kita mancing Ikan Kakap Merah biasanya yang pertama kali makan umpan adalah pemimpin rombongan yang ukurannya paling besar. Maka jangan heran jika kita mendapatkan first strike maka yang kita hajar adalah Ikan Kakap Merah yang ukurannya paling besar, dan strike selanjutnya Ikan Kakap Merah yang ukurannya lebih kecil dibanding Ikan Kakap Merah yang pertama.

Sungguh merupakan suatu kesalahan besar jika kita mendapatkan first strike tapi Ikan Kakap Merah tersebut lepas (mocel) atau line putus. Hal tersebut merupakan suatu kesalahan yang sangat fatal karena pimpinan rombongan Ikan Kakap Merah tersebut merasa kesakitan dan menyebabkan rombongan Ikan Kakap Merah yang lain menjadi buyar (dispersed). Dan untuk mengenbalikan rombongan Ikan Kakap Merah tersebut bisa berkumpul lagi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadi seperti sedia kala.

cara mancing kakap merah
Ikan Kakap Merah Jumbo


cara mancing kakap merah
 Mirip kan..... xixixixixixixixixi


hasil cara mancing kakap merah
mensyukuri hasil mancing Ikan Kakap Merah


cara mancing kakap merah
tidur dengan kasur Ikan Kakap Merah......... hehehehehe ;-p


kakap merah
Ikan Kakap Merah ukuran Jumbo


Demikian informasi Teknik Mancing Ikan Kakap Merah dari saya yang sangat sederhana ini semoga bisa bermanfaat untuk para penggila mancing Ikan Kakap Merah di Indonesia pada khususnya dan seluruh dunia pada umumnya.

Salam Strike Mania.....

24 comments for "TEKNIK MANCING IKAN KAKAP MERAH"

  1. hehehehe silahkan dinikmati mas... ;-)

    ReplyDelete
  2. mas aku ndakE d jak mancing seng entok iwakE koyo ngono iku je, bosen aq mancing iwakE cuilik-cuilik koyo tengu nek jero katok

    ReplyDelete
  3. Share kordinat spotny donk mas

    ReplyDelete
  4. MAs Spot mancing dmn mas? share lokasiya dong

    ReplyDelete
  5. Mas bro...dmn mancingnya? kok mantapppp...share lokasinya dong....

    ReplyDelete
  6. @INDRA AUDA: kalo daerah sekitar jepara-rembang ikan kakap merahnya masih banyak pak....

    ReplyDelete
  7. Sungguh engkau adalah surga dunianya mancing.
    mantap bro........
    tapi tetap dijaga ya mas populasi ikan yang ada di laut Indonesia tercinta ini.
    Semoga bisa utuh sampai kapanpun juga dan Indonesia bisa mendapatkan pandangan baik di mata Sea World Conservation

    ReplyDelete
  8. ukuran kail nya berapa ya mas bro???

    ReplyDelete
  9. sore ini langsung berangkat mancing di pinggir teluk jayapura siapa tau dapat kakap yg banyak kayak mas itu, sambil ngabuburit , trims infonya brooo

    ReplyDelete
  10. sore ini langsung berangkat mancing di pinggir teluk jayapura siapa tau dapat kakap yg banyak kayak mas itu, sambil ngabuburit , trims infonya brooo

    ReplyDelete
  11. bos,,mncing iwak pelik gw0 umpan welut clik efektif ta rak bos?

    ReplyDelete
  12. info yang bagus skali...

    ReplyDelete
  13. untuk leader mancing ikan kakap yg bagus pakai sling apa senar kang, soalnya waktu aku mancing di makassar kalo pakai sling kakap ga mau makan....

    ReplyDelete
  14. @jumangin: kalo leader pakai senar biasa aja mas. jangan pake sling.

    ReplyDelete
  15. Paling sip pakai mata kail ukuran brapa mas

    ReplyDelete
  16. Paling sip menggunakan mata kail ukuran brpa mas

    ReplyDelete
  17. @Hanafi Hans: saya biasanya mancing kakap merah pakai mata pancing owner yg cutting point ukuran 1/0 mas...

    ReplyDelete
  18. thanks ilmu nya gan.. :D

    ReplyDelete