TEKNIK MANCING IKAN BARONANG DAN KIPER / KITANG

Teknik mancing ikan baronang dan kiper/kitang sangatlah mudah dipelajari. Sebenarnya ikan baronang, kiper / kitang adalah jenis ikan herbivora yang makanan utamanya adalah lumut, rumput laut dan tanaman-tanaman laut lainnya. Tapi dalam kenyataannya baronang, kiper / kitang tersebut sebenarnya bukanlah herbivora melainkan omnivora (itu menurut pendapat dan kesimpulan saya tentang baronang, kiper / kitang)


mancing baronang dan kiper / kitang



ikan baronang
Baronang Susu

Tidak percaya dengan pendapat saya mengenai baronang dan kiper / kitang termasuk jenis omnivora?????

Santai saja…. Silahkan simak ulasan mengenai teknik jitu dan ampuh mancing baronang dan kiper / kitang berikut ini.

ikan baronang
Baronang Angin

Siapa bilang mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang itu susah???? Gampang banget kok.....

Baronang, kiper / kitang biasanya bertempat tinggal di tiang-tiang dermaga, dinding-dinding dermaga dan juga di sela-sela rumpon alami maupun buatan. Baronang, kiper / kitang menempati daerah tersebut karena baronang, kiper / kitang memakan lumut-lumut yang ada di dinding-dinding sekitarnya.

spot mancing kiper / kitang
Spot mancing baronang dan kiper / kitang

Baronang, kiper / kitang bisa dipancing dengan menggunakan umpan lumut, pelet, nasi, irisan ikan, irisan udang, bakwan jagung/bakwan sayur, dll. (apapun yang bisa dimakan manusia kebanyakan baronang, kiper / kitang juga mau memakannya).

Ada 2 cara teknik mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang yaitu:

1. Mancing baronang, kiper / kitang dengan menggunakan joran tegek
2. Mancing baronang, kiper / kitang dengan menggunakan joran spinning super light tackle

Penjelasan teknik mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang:

1. Teknik mancing baronang, kiper / kitang menggunakan joran tegek.

Joran tegek adalah joran yang tidak memiliki ring guide dan reel sheet. Penggunaan joran ini yaitu dengan mengikatkan senar monofilament di ujung joran kemudian dikasih pelampung kecil dan menggunakan mata pancing garong. Umpan yang digunakan paling bagus adalah menggunakan lumut

Teknik baronang, kiper / kitang seperti ini: Umpan lumut kita kaitkan dengan mata pancing garong kemudian atur kedalaman pelampung kecil sesuai dengan keadaan spot mancing. Umpan kita lempar di pinggir-pinggir tiang dermaga atau tonggak-tonggak dermaga. Tunggu beberapa saat. Jika pelampung bergetar-getar berarti umpan lumut sedang dilahap oleh baronang, kiper / kitang. Tanpa tunggu lama langsung saja gentak joran pasti baronang, kiper / kitang langsung nyantol di garong. Ulangi terus teknik ini hingga panen ratusan ikan dalam waktu yang sangat singkat.

2. Teknik mancing baronang, kiper / kitang menggunakan joran spinning super light tackle.

Joran spinning adalah joran yang memiliki ring guide dan reel sheat. Lebih mantab lagi kalau pake joran yang ukurannya pendek, sehingga tidak telat kalau menghentak ikan baronang, kiper / kitang. Usahakan menggunakan joran kelas dibawah 10lb. Penggunaan joran ini yaitu siapkan reel berukuran kecil antara 1000-2000, senar monofilament 10lb, mata pancing super kecil, umpan menggunakan irisan udang (yang mudah dicari), bandul timah berukuran kecil/sedang (sesuai keadaan arus).

Teknik mancing baronang, kiper / kitang seperti ini: Buat rangkaian pancing dasaran 2 kumis seperti yang sudah saya jelaskan di artikel saya mengenai Teknik Mancing Ikan Sembilang. Kemudian pasang umpan berupa irisan udang yang kecil-kecil ke mata pancing. Lemparkan umpan mancing baronang, kiper / kitang ke tiang-tiang dermaga atau dinding-dinding dermaga. Kelebihannya jika kita menggunakan joran spinning yang super lentur untuk mancing baronang, kiper / kitang adalah kita bisa sangat sensitive untuk merasakan getaran ketika baronang, kiper / kitang makan umpan. Ketika kita merasakan ada getaran sedikit di ujung joran, jangan terlalu terburu-buru dan juga jangan sampai telat untuk menghentak joran. Tunggu moment yang pas untuk menghentak joran. Kemudian jika dirasa sudah mantab untuk menghentak joran maka langsung aja dihentak jorannya. Pasti baronang, kiper / kitang akan nyantol di mata pancing.

rangkaian pancing ikan kiper / kitang
Rangkaian pancing untu mancing baronang, kiper / kitang

Saran dari saya tentang mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang:
Teknik mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang dengan menggunakan joran super light tackle bagus sekali jika dilakukan di dermaga pelabuhan dimana ada kapal yang sedang bongkar muatan berupa hasil ikan. Biasanya kapal yang sedang bongkar ikan akan membuang air sari-sari ika yang sudah berbau busuk ke laut. Di dekat pancuran air itulah banyak sekali baronang dan kiper / kitang sedang menyerap dan memakan sisa-sisa air ikan dari nelayan.

Teknik mancing baronang, kiper / kitang gampang sekali. Lemparkan umpan untuk baronang, kiper / kitang ke daerah air pancuran pembuangan sari-sari ikan tersebut. Ukuran kedalaman umpan jangan terlalu dalam. Cukup ½ meter saja dari permukaan air. Tanpa tunggu lama pasti akan disamber baronang, kiper / kitang yang ukurannya lebih besar dibanding dengan teknik biasanya.

Teknik mancing baronang, kiper / kitang menggunakan joran super ligt tackle dengan umpa udang iris memiliki kelebihan yaitu hasil mancing yang kita dapatkan tidak hanya baronang, kiper / kitang saja. Bahkan ikan selain baronang, kiper / kitang yang ada di sekitarnya pasti akan makan juga. Jadi kita tidak akan boncos walaupun baronang, kiper / kitang sedang tidak ada di lokasi tersebut. Kalu kita menggunakan umpan lumut pasti akan boncos kalau di spot tersebut karena tidak ada target baronang, kiper / kitang.

Ada lagi kisah unik tentang mancing baronang, kiper / kitang jika menggunakan umpan udang iris. Di kampung saya tepatnya di daerah pesisir kota Rembang, ada seorang angler sedang hunting baronang, kiper / kitang dengan menggunakan umpan udang iris. Ternyata umpannya disambar ikan Barramundi ukuran 8kg. Siapa sangka tujuan utama mancing baronang, kiper / kitang tapi hasilnya malah dapat Barramundi atau kakap putih yang lumayan besar. Padahal secara teori teknik dan cara mancing ikan kakap putih atau barramundi tidak seperti itu. Itu salah satu kelebihan mancing dengan joran super light tackle menggunakan umpan udang iris.

mancing kiper / kitang
mancing mania yang sedang hunting baronang, kiper / kitang

ikan kiper / kitang
Ikan kiper / kitang

Oh iya, jangan lupa jika kita mancing baronang, kiper / kitang kita harus hati-hati terhadap durinya. Duri baronang, kiper / kitang mengandung racun yang sangat berbahaya jika terkena bagian tubuh. Pengalaman saya tentang mancing baronang, kiper / kitang dulu pernah tangan saya terkena sengatan baronang, kiper / kitang hasilnya tangan saya keluar nanah sampai 7 hari baru lukanya kering. Untuk penanganannya, usahakan memberikan cairan amoniak ke luka yang terkena sengatan. Bila keadaan urgent tidak ada amoniak, kita bisa menggunakan air kencing untuk dioleskan ke luka bekas sengatan. Air kencing mengandung amoniak yang secara urgent bisa digunakan untuk mengobati luka akibat sengatan ikan baronang dan ikan kiper / kitang.


Semoga informasi tentang teknik mancing ikan baronang dan kiper / kitang ini bermanfaat bagi mancing mania seluruh Indonesia pada umumnya dan mancing mania seluruh dunia pada umumnya.

Salam Strike Mania.........

50 comments for "TEKNIK MANCING IKAN BARONANG DAN KIPER / KITANG"

  1. ada obat yg paling paten jika kena duri ikan kiper.yaitu buka mulut ikan kiper..lalu ambil binatang/kutu yg ada dlm dimulut ikat kiper,hancurkan kutu dgn tangan lalu sumpel/lumuri bagian yg terkena duri.warna kutu tersebut putih.selamat mencoba.

    ReplyDelete
  2. waduh bermanfaat nih infonya

    ReplyDelete
  3. Pengalaman sy nih,begitu kena durinya,langsung digosokkan ke badan ikan tadi berulang-ulang,tp matiin dulu ikannya ya,krn badannya mempunyai lendir,itulah penawarnya,dijamin mujarab dah,salam buat pemancing beronang and friends

    ReplyDelete
  4. Makasih banyak atas masukannya yg sangat bermanfaat ini mas. semoga bisa berguna bagi para mania pemburu ikan baronang. amin....

    ReplyDelete
  5. terima kasih infonya ,, berguna bangat kayaknya nih perlu dicoba

    ReplyDelete
  6. Pengalaman saya jika kena durinya, congkel matanya ambil cairannya untuk obat.

    ReplyDelete
  7. nanya mas, kalo timing yg tepat utk ikan kiper ini ada gk? pas surut ato pasang gitu ato jam2 tertentu gitu? soalnya pengalaman saya di spot yg sama dia gk selalu ada, karna saya newbie,blum tau baca timing2 ikan, jadi main asal hajar aja, pasrah sama nasib, ujung2nya sering dpt ikan2 kecil yg bentar2 habisin umpan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kitang/kiper ada jam makannya. Masalahnya jamnya ga nentu, bisa 30 menit galak makannnya abis itu lsg sepi. Tapi biasanya mulai galak maknnya diatas jam 3 sore sampai jam 5an.

      Delete
  8. @teddy: kalo menurut pengalaman saya jika air keruh ikan ini kurang begitu suka makan. usahakan kalau mancing ikan baronang air dalam keadaan jernih mas.

    ReplyDelete
  9. ikan kiper kalau do jakarta disebut ikan ketang ketang

    ReplyDelete
  10. cacing doyan gk tuh???hee mklm age pengen belajar

    ReplyDelete
  11. ada banyak jenis lumut! lumut apa yang pling bagus untuk mancing baronang? lumut kolam tawar bisa gak?

    ReplyDelete
  12. nice info gann....
    :D

    ReplyDelete
  13. Kalau d tempat saya d pesisir kota probolinggo cara efektif mengobati sengatan baronang dan kiper selain air kencing juga d gosok dengan pasir laut hingga rasa sakit kegatal-gatalannya hilang

    ReplyDelete
  14. Salam Mancing
    teman-teman yang hobi mancing Baronang.. bisa ikan baronang kalau di daerah saya di Sul-bar caranya pakai kotoran ikan tsb bisa juga isi perutnya digosok2 ke bekas tusukan ikan tsb.ane da coba.. berkhasiat skali.
    smoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mancing
      Kalau di daerah saya di Maluku Utara, bisa ikan baronang pakai mata ikan tersebut dicungkil lalu di gosokkan ke tempat yang terkena bekas tusukan sesegera mungkin.... Berkhasiat manjur...semoga bermanfaat... Tks.

      Delete
    2. Mantap Bos
      Makacih Udah Mampirs

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. terimakasih banyak atas masukan2 masukan yang sangat brilian dari teman2 sehobi mancing. semoga infonya bisa bermanfaat bagi semuanya. amiiiiiiiiiiiin

    ReplyDelete
  17. kalo teknik untuk mancing ikan ekor kuning ada kaga ya ?

    ReplyDelete
  18. wah mantap ni infonya, segera di coba....!!

    ReplyDelete
  19. kami biasa mancing baronang+ketang2 di marunda jakarta utara (bakaran mayat/toh pek kong) pake perahu stop di bagan2 yang sudah rusak ... pake umpan kijing (kerang hijau) ... waktu yang pas sekitar jam 10 sampai jam 12 an ...

    ReplyDelete
  20. kami biasa mancing baronang+ketang2 di marunda jakarta utara berangkat dari tempat bakaran mayat (toh pek kong) .... naik perahu terus berhenti di bagan2 yang rusak ... pakai umpan kijing (kerang hijau) cukup 10 ribu dapat banyak banget ... sewa perahu 300 ribu sepuas ny ... kalo bagan sepi silahkan cari bagan yang lain ... diantar perahu ny ... waktu yang pas buat strike jam 10 sampe jam 12 an .... dijamin panen baronang+ketang2 ....

    ReplyDelete
  21. Terimakasih banyak atas info dan saran dari master mancing baronang mas Agoeng Hidayat. Semoga bisa bermanfaat buat teman2 yg berlokasi di Jakarta dan sekitarnya...

    ReplyDelete
  22. tanks brooo besok aku praktekin ya ...smg dapet ya ... doain g kena sengat durinay ...heeh ehehe hehe

    ReplyDelete
  23. kalo di waingapu mas baronang itu disebut malara karena kalo kena durinya sakit n pedas gitu jadi orang waingapu bilang pedis itu malara...

    ReplyDelete
  24. kalo di waingapu, baronang itu disebut ikan malara, karena kalo terkena durinya sakit n terasa pedis gitu(orang waingapubilang pedis itu malara) he..........he.........

    ReplyDelete
  25. @Rizalrin: info yang sangat bagus mas. Kita jadi bisa menambah pengetahuan. makasih.......

    ReplyDelete
  26. foto ikan baronang dari ke dua foto diatas itu sama jenisnya Pak,baronang angin...

    ReplyDelete
  27. luar biasa info y..... ikan ini mau makan ketika ada angin apa tidak?

    ReplyDelete
  28. kalau angin kenceng biasanya ombak besar sehingga airnya keruh pak. kalau airnya terlalu keruh biasanya ikan ini tidak mau makan.

    ReplyDelete
  29. pakai lumut air tawar mau nggak baronangnya ?

    ReplyDelete
  30. @Ahmad2012: Baronang bisa dipancing dengan lumut air tawar boz. Dengan catatan lumut air tawar yang dimaksud itu adalah air yang agak payau. Karena lumut air tawar atau yang diambil dari sungai sifatnya lebih lunak. Jadi seumpama mancing baronang dengan lumut air tawar jika lumut terlalu kaku bisa dikasih garam tapi sedikit saja, dengan perbandingan lumut satu ember cat ukuran 5kg dicampur dengan garam 1/2 sendok teh. Jika terlalu banyak garam, lumutnya bisa terlalu lembek dan susah dipasang di mata kail. Diusahakan cari lumut yang masih muda berwarna hijau kekuning-kuningan.

    ReplyDelete
  31. ikan hiburan kalo lagi susah strike ikan besar. hahaha

    ReplyDelete
  32. barangkali ada yang butuh pasokan serbuk perekat umpan ikan air tawar atau mau beli kukumbul buatan bandung, hubungi mondana di bandung HP 081394002445

    ReplyDelete
  33. Kalo tempat saya nama nya ikan musader. Umpanya nasi ketan dll.

    ReplyDelete
  34. Kalo tempat saya nama nya ikan musader. Umpanya nasi ketan dll.

    ReplyDelete
  35. Itu udangnya mentahan apa di rebus dlu

    ReplyDelete