BATU AKIK GETAH KATILAYU

Batu akik getah katilayu banyak diburu oleh para mancing mania karena dipercaya membawa hoki ketika memancing. Artikel ini saya buat bukan bertujuan untuk menjerumuskan para mancing mania ke arah hal yang syirik, tetapi hanya sebagai pengetahuan saja karena memang di luar sana banyak sekali fenomena para mancing mania memburu getah katilayu untuk dijadikan jimat mancing supaya hasil pancingannya memuaskan.

batu akik getah katilayu

Getah Katilayu Termasuk Barang Langka

Batu akik getah katilayu merupakan getah dari pohon katilayu yang sudah memfosil. Batu akik ini bersifat sangat keras karena berupa fosil dari getah pohon katilayu yang sudah terpendam di dalam tanah selama puluhan tahun bahkan ratusan tahun sehingga menjadi batu. Biasanya ada yang berwarna merah kehitaman, coklat muda, coklat tua, bahkan ada juga yang berwarna seperti gula jawa, dll. Getah katilayu banyak dijumpai di Cirebon tepatnya di sekitar kawasan makam Sunan Gunung Jati.

Batu akik getah katilayu termasuk barang langka karena tidak semua orang bisa memilikinya. Memang getah katilayu dihasilkan dari pohon katilayu, tetapi yang jadi keunikannya adalah tidak semua pohon katilayu memiliki getah. Pohon katilayu biasanya tumbuh di sekitar rawa-rawa atau danau yang memiliki struktur tanah yang basah dan lembab. Biasanya jika di suatu kawasan ada pohon katilayu maka di sekitar pohon akan dijadikan tempat ikan berkumpul.

Manfaat Getah Katilayu

Getah katilayu banyak dijadikan perhiasan seperti batu akik untuk dijadikan cincin. Para mancing mania yang percaya akan hal mistis biasanya memiliki batu akik getah katilayu untuk dijadikan pegangan atau jimat ketika memancing ikan. Ada juga beberapa mancing mania yang meletakkan bongkahan getah katilayu di alat pancing yang mereka gunakan seperti di joran pancing. Bahkan ada juga beberapa mancing mania yang sengaja mencampurkan cairan dari getah katilayu ini ke dalam umpan mereka, terutama bagi mancing mania yang suka akan galatama. Akik katilayu akan dipakai ketika dia memancing dengan tujuan agar hasil ikan yang didapatkan sesuai dengan keinginannya. Selain pemancing mania, para nelayan juga sering memakai batu akik getah katilayu supaya ikan hasil tangkapannya melimpah. Cara menggunakannyapun cukup mudah, hanya tinggal memakai cincin batu akik katilayu ketika melakukan aktivitas mancing baik itu untuk mancing fresh water atau salt water.

Namun semua kembali kepada keyakinan kita masing-masing. Jika anda percaya akan khasiat dan manfaat batu akik getah aktilayu silahkan digunakan saja. Tetapi jika anda tidak percaya akan hal seperti itu juga lebih baik. Faktaya terbukti dari banyak mancing mania yang saya jumpai yang menggunakan batu akik getah katilayu tetap saja boncos tidak mendapatkan ikan, justru temannya yang tidak memakai cincin batu akik getah katilayu bisa mendapatkan ikan sesuai dengan harapan. Padahal yang alat pancing yang mereka gunakan sama. Semuanya kembali kepada keyakinan masing-masing, karena kekuatan yang sempurna hanyalah dari tuhan yang maha kuasa.

Demikian ulasan singkat tentang batu akik getah katilayu. Terima kasih sudah berkunjung ke tulisan kami yang sangat sederhana ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan para mancing mania dalam hal mancing.

Post a Comment for "BATU AKIK GETAH KATILAYU"